Selasa, 10 Juni 2008

Produk Biobriket

Berikut produk biobriket dari Jurusan Teknik Mesin FT UNS

8 komentar:

konversi energi mengatakan...

tolong pak cara pembuatan briket biomassa, kami sebagai guru stm sangat perlu sebagai refrensi mengajar

Suyitno mengatakan...

Cara yang sederhana, bapak cacah biomasa kemudian dikasih binder terus ditekan.

Unknown mengatakan...

Mas Yit, to the point ya...kalau bahan perekat yang bagus agar saat binding, campuran tidak pecah apa ya? Kemudian jika bentuknya remukan (seperti grajen atau pupuk daun) apakah lebih efektif?

Matur nuwun

Suyitno mengatakan...

Kang Haryo, binder yang mudah dan cukup murah adalah kanji. Untuk daun sebaiknya dipanaskan lebih dulu kang. Untuk grajen bisa langsung. Grajen juga cocok dengan binder tetes tebu. Dah di bandung lagi Kang?

Unknown mengatakan...

wah, masih di graz mas...:)
Ini lagi membantu temen2 di Purworejo bikin modul pembuatan briket utk pemanfaatan limbah ternak dan kebun.
Tadinya saya pikir bisa dengan semua jenis starch....tapi pas di-press, untuk campuran terlalu kental malah pecah dan kalau kebanyakan air jadi getas.
Mungkin harus dicari komposisinya yg pas dulu ya mas...
Matur nuwun sanget.

Suyitno mengatakan...

Air walaupun penting umumnya kadar 15-18% sudah cukup mas. berlebihan dapat menyebabkan ikatan melemah. Beberapa daun malah kalau ditambahi air tidak bagus.

Untuk starch memang belum tentu cocok untuk bahan tertentu. Binder umumnya 5% basis massa sudah cukup kang Haryo.

Dimensi briket juga penting. H/D jangan terlalu besar.

Yang penting juga tekanan, please use briquetting pressure till 600 kg/cm2. It is good and enough for hand press.

Sekarang 4 mahasiswaku sedang meneliti 5 sifat fisik pembriketan yang akan digunakan untuk menentukan indeks performansi briket. Sayang tahun ini belum dapat pendanaan dari dikti, tetapi penelitian tetap jalan terus...

Hope help.

newbie multimedia mengatakan...

Selamat malam semuanya .. saya newbie di bidang ini .. tapi sepertinya seru .. tadi pagi saya mencoba mengumpulkan bahan2 , namun saya masih belum tau cara pembuatan biobriker . bahan yang saya miliki ( bingkil biji jarak , tepung tapioka , sekam kayu ) .. mohon penjelasan cara pengolahannya ...atau dimana saya bisa mendapatkan artikel tentang pembuatan biobriker terima kasih sebelumnya ..

suyitno mengatakan...

Pak Aurad M, terima kasih atas kunjungannya. Seperti beberapa tulisan diskusi sebelumnya, bahan-bahan tersebut dapat bapak keringkan, kalau ukurannya agak besar dicacah terlebih dulu, lalu beri binder dan beri tekanan. Beberapa buku ringan tentang pembuatan biobriket sy pernah lihat di Gramedia pak. Silahan hunting ke sana. Hope Useful.